Kamis, 21 Januari 2016

, , , , , , , , , , , ,

Belajar Untuk Selalu Lapar dan Selalu Bodoh Dari Steve Jobs

Siapa diantara kita yang tidak tahu tentang Apple Inc, Perusahaan yang membuat Iphone, Ipod dan juga Ipad. Salah satu orang yang sangat besar dalam berkembangnya  Apple Inc adalah Steven Paul Jobs atau yang kita kenal dengan Steve Jobs. Tahun 1976, Steve Job bersama rekannya Steve Wozniak, Jobs yang berusia 21 tahun dan Wozniak lima tahun lebih tua. mulai mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarganya. Dengan susah payah mengumpulkan modal yang diperoleh dari menjual  mobil VW milik Wozniak dan kalkulator HP milik Jobs.

Komputer pertama mereka, Apple 1 berhasil mereka jual sebanyak 50 unit kepada sebuah toko lokal.  Dalam jangka waktu 10 tahun usaha yang mereka dirikan berkembang sangat pesat hingga memiliki asset 2 milyar dollar serta 4000 karyawan.  Tahun 1983 Jobs menggaet John Sculley dari Pepsi  Cola untuk memimpin perusahaan itu. Meski Jobs digambarkan sebagai direktur Apple yang persuasif dan karismatik, sejumlah karyawannya pada waktu itu menggambarkannya sebagai manajer yang selalu berubah pikiran dan temperamental. Penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir 1984 mengakibatkan keretakan hubungan kerja Jobs dengan Sculley, dan pada akhir Mei 1985 – setelah ketegangan internal dan pengumuman PHK besar-besaran – Sculley mengakhiri jabatan Jobs sebagai kepala divisi Macintosh.
Memang sangat menyakitkan dipecat dari perusahaan yang ia bangun selama bertahun-tahun. Setelah menjual sahamnya, Jobs yang mengalami kesedihan luar biasa banyak menghabiskan waktu dengan bersepeda dan berpergian ke Eropa. Namun, tak lama setelah itu,  dikeluarkannya dia dari Apple rupanya justru membawa semangat baru bagi dirinya. Ia pun memulai usaha baru yaitu perusahaan komputer NeXT Tahun . Jobs juga membeli The Graphics Group (kemudian berganti nama menjadi Pixar) yang berhasil membuat film animasi sukses Toy Story.
- See more at: http://novandipsaputra.com/belajar-untuk-selalu-lapar-dan-selalu-bodoh-dari-steve-jobs-detail-5612.html#sthash.TaNHmfqb.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar