Rabu, 28 Agustus 2013

,

Belajar dari Dunsmuir


Di Victoria British Columbia, ada satu SPBU milik pebisnis sekaligus
motivator bernama Dunsmuir.

Meski hanya SPBU, tapi SPBU ini sangat terkenal dan maju. Sebagian besar
SPBU di AS adalah self service, tetapi di SPBU milik Dunsmuir, ada 4 orang
pekerja yg melayani setiap mobil yg datang.
Pekerja 1 membukakan pintu dan mempersilakan penumpangnya keluar, kemudian
memakai penyedot debu utk membersihkan bangku dan interior mobil. Pekerja 2
membuka kap mobil untuk mengecek olinya. Pekerja 3 mengisi tangki bahan
bakar sambil membersihkan semua kaca jendela mobil. Pekerja 4 mengecek ban
mobil. Semua dilakukan dengan ramah dan bersahabat.


Kebanyakan pekerja itu adalah anak2 muda. Menjadi petugas pompa bensin tentu
bukan profesi idaman karena bukan pekerjaan bergaji tinggi. Namun
Mr.Dunsmuir selalu menekankan bahwa sangat mungkin pengemudi mobil yg mereka
layani adalah calon bos mereka. Artinya, jika mereka melayani dengan baik
dan bersemangat, itu akan menjadi promosi yg baik. Faktanya memang demikian,
banyak dari pekerja SPBU itu kemudian direkrut oleh para bos yg terkesan
dengan etos kerja mereka. Hal itupun memotivasi para pekerja untuk selalu
melayani dengan prima, dan SPBU itu seolah menjadi batu loncatan dan
"kampus" kehidupan mereka. Tak heran, SPBU itu selalu kebanjiran pelamar.
Dan reputasi SPBU dengan pelayanan istimewa itu juga membuatnya selalu
laris. Yg tak kalah menarik, para mantan pegawai Mr.Dunsmuir juga kemudian
selalu mengisi bahan bakar di situ.

Kunci suksesnya adalah EXCELLENT SERVICE dan MOTIVASI YANG MENYALA.

Hal itu juga berlaku bagi setiap kita. Walaupun pekerjaan yg kita kerjakan
saat ini bukan pekerjaan impian kita, tapi jika itu kita lakukan dengan
sebaik2nya, itu akan membawa kita ke promosi yg sesungguhnya. !
Anda tidak akan pernah rugi jika memberi pelayanan terbaik!

Pelanggan yg Anda layani hari ini mungkin adalah tangga kesuksesan Anda
kelak.

0 komentar:

Posting Komentar