Senin, 30 September 2013

,

Petakan Bisnis dengan Business Model Canvas

Siapa yang tidak mau di antara kita memiliki bisnis yang berkembang pesat dan terus menerus menjadi besar? Tentunya kita semua menginginkan hal tersebut bukan?  namun kadang kita sering bertanya sama diri sendiri atau sama orang bisakah bisnis saya seperti itu.Tentunya 'BISA'.
Membangun sebuah bisnis memerlukan proses. Tidak bisa kemudian langsung besar begitu saja tanpa usaha dan perjuangan.
Tapi sadarkah kita?, kadang saat membangun bisni kita tidak mempunya alat untuk memotret usaha kita. Untuk mengevaluasi rencana bisnis atau bisnis yang kita sedang jalani kta perlu melihat dari sudut pandang yang jelas dan utuh mengenai model bisnis kita. Nah Business Model Canvas adalah salah satu alat untuk membantu kita melihat lebih akurat bagaimana rupa usaha yang sedang atau kita akan jalani.


Apa sih business model itu dan untuk apa manfaatnya?

Business Model dapat kita katakan merupakan sebuah template yang digunakan untuk menggambarkan seperti apa bisnis yang ingin kita bangun atau bisnis apa yang sedang kita jalani sekarang secara menyeluruh dan dari berbagai aspek. Saat ini, mungkin bagi pengusaha pemula sudah cukup menjelaskan tentang bisnisnya dengan singkat. Seperti “saya pengusaha kuliner”, “saya pengusaha fashion“, atau “saya pengusaha consulting services“. Tapi kemudian ada pertanyaan, “siapa target customernya?“, “bagaimana cara untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan?”, sampai akhirnya banyak hal lain yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pengusaha start-up dan itu semua terangkum dalam sebuah business model untuk menggambarkan bisnis kita secara lengkap.

Berikut ini gambaran singkat business model dalam 2 menit:

 
 
Dengan tool ini kita seakan melihat bisnis dari gambaran besar namun tetap lengkap dan mendetail apa saja elemen-elemen kunci yang terkait dengan bisnis kita. Dengan demikian kita bisa melihat gambaran utuh yang sangat membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis kita. Dengan mengevaluasi satu demi satu elemen-elemen kunci kita jadi lebih mudah menganalisis apa yang kurang tepat, dan pada akhirnya kita bisa mengambil langkah untuk mencapai tujuan bisnis kita.


Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menciptakan sebuah framework yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan bisnis kita yaitu Business Model Canvas. Pada business model canvas ini ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen-elemen kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis. Kesembilan hal tersebut adalah:

  1.     Customer segments
  2.     Value proposition
  3.     Channel
  4.     Customer relationship
  5.     Revenue stream
  6.     Key resource
  7.     Key activities
  8.     Key partners
  9.     Cost

yang akan kita lakukan adalah mengisi ke sembilan kotak-kotak di bawah dan mulai menganalisis Business Model kita




Mau tau lebih dalam mengenai Bisnis Model Canvas ???

Ikuti yuk #SeminarBisnisModel"9 Langkah Membangun Bisnis Model Canvas"pada tanggal 12 Oktober nanti.


Di #SeminarBisnisModel 12 Oktober nanti akan dibahas tentang 9 Area dan Langkah untuk memperbesar bisnis Anda dalam Omzet & Skala Bisnis. Melalui seminar ini, kita akan belajar menganalisa sistem bisnis kita serta cara jitu agar bisnis makin berkembang.

Dalam seminar ini akan ada dua narasumber yang akan membeberkan secara jelas bagaimana membangun bisnis model. Pembicara pertama yang akan mengisi #SeminarBisnisModel 12 Oktober nanti adalah Kukuh YEA yang merupakan pakar bisnis model yang juga merupakan  Young Entrepreneur Academy (YEA). Sedangkan pembicara kedua Adalh Hermas Puspito yang merupakan CEO dari Ednovate group dan juga Pakar Marketing untuk UKM.

Cari tulisan saya selengkapnya di >> NovandiPsaputra

1 komentar:

  1. Mitra Jasa Anugrah Agency (B2B)Finance,Council,Contractor :Help expand What People who need Property Asset:Clieent_Architect_Consultant_Contractor_Sub Contractor==High Cost of Creating_Distributing_Managing Documents_Streaming Information Exchange_Secure Storage {Information Management}vs Q:Do you have Idea ..rgds ( hanafiahhakim548@gmail.com )

    BalasHapus