Rabu, 11 September 2013

Sifat Dasar Manusia ( Mendefinisikan Keinginan dan Kebutuhan)

Terkadang kita sulit membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan, pada dasarnya keinginan dan kebutuhan itu berbeda. Manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang beragam, seiring berjalannya waktu kebutuhan serta keinginan tersebut terus berkembang dan menjerat manusia kearah sifat konsumtif.


Perbedaan antara keinginan dan kebutuhan dapat kita lihat pada defenisi masing-masing. Definisi dari keinginan semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu hidup Anda akan tetapi Anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan fungsi tambahan tersebut. Makanan yang mahal, rumah yang besar dan mewah, mobil baru dan mengkilat, dan seterusnya. Keinginan seringkali merupakan perwujudan untuk menegaskan status sosial seseorang sekaligus membuktikan kepada orang lain bahwa dia mampu memilikinya.
Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.
- See more at: http://novandipsaputra.com/sifat-dasar-manusia-mendefinisikan-keinginan-dan-kebutuhan-detail-2663.html#sthash.WzoHwrON.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar